Saturday 24 October 2015

Pesantren Aktor masa Depan Bangsa



Pesantren  merupakan sebuah lembaga pendidikan yang ikut serta mengamalkan perintah UUD 1945 yang pada sebuah alenia UUD 1945 disebutkan “mencerdaskan kehidupan bangsa” dan pesantren bahagian dari peranan penting pada perjalanan panjang dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan dan mengamalkan UU no 20 tahun 2003 Republik Indonesia tentang pendidikan Nasional . Itu sebabnya keberadaan, posisi, tugas, dan tanggung jawab Pesantren didunia pendidikan semakin penting dan strategis, terutama dalam pelaksanaan kegiatan yang harus tetap sesuai dengan plat form, visi, dan misi Pesantren sebagai lembaga pendidikan itu sendiri.
Pesantren Darul Ulum sebagai bagian integral dari Pemerintah dan Nahdlatul Ulama harus mampu menjalankan tugas pokoknya dalam mendukung dan melaksanakan kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Islam, baik ditingkat Nagari, Kecamatan maupun secara nasional dalam rangka pengkaderan dan pengembangan SDM serta mempersiapkan estafet kepemimpinan dan kecerdasan umat dalam memperkokoh dan memperkuat generasi masa depan bangsa. Dengan demikian peran dan perjuangan Pesantren hendaknya dipandang sebagai bagian tidak terpisahkan dari program dan kebijakan Pemerintah dan Ormas secara menyeluruh.
Dalam perspektif tersebut Pesantren Darul Ulum akan semakin kokoh dan mengakar dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dalam rangka mempersiapkan generasi yang tangguh, cerdas imtak dan imtek serta sebagai wadah keberhimpunan Organisasi Kepemudaan Islam, Umat Islam Nagari, dan juga sebagai wadah komunikasi dengan kelompok potensial strategis kepemudaan, dan kelompok swadaya masyarakat.
Sehingga Pesantren Darul Ulum dapat mendukung sepenuhnya kebijakan Pemerintah secara nasional dalam memberikan perlindungan pendidikan kepada Umat Islam dari pengaruh destruktif dalam aspek ideology, politik, ekonomi, social, budaya sebagai akibat dari perubahan lingkungan strategis domestic dan global.
Sebagai wujud nyata dan tuntutan untuk memperkokoh peran dan tanggung jawab Pesantren sesuai dengan cita-cita reformasi kebangsaan Indonesia, maka Pesantren memerlukan dukungan dari segala lini dalam melaksanakan aktifitas nyata Pesantren di dalam kehidupan rakyat Indonesia.

1 comment: