Thursday 26 January 2012

SATUAN ACUAN PELAJARAN (SAP)


posting by edra

Mata Kuliah                      : Manajemen Pendidikan
Komponen                                    : MKDK
Jurusan                              : Tarbiyah
Program Studi                   : PBI
Semester                            : III
Program                             : S.1
Bobot                                : 2 Sks
Tahun                                : 2010
 Oleh 
Yasril : S. Ag. M. Pd

I.   Tujuan


Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplimentasikan teori, konsep manajemen dan manajemen Pendidikan dalam aktivitas pendidikan guna mencapai tujuan pendididkan secara efektif dan efesien.

 

II.Silabus


No
Pertemuan

Materi

Sumber
1
I
Konsep Dasar Manajemen dan Manajemen Pendidikan:
a.    Pengertian Manajemen dan Manajemen
Pendidikan
b.   Fungsi Manajemen Pendidikan
  1. Planing
  2. Organizing
  3. Actuating
  4. Controling
5.  Bab I, hal. 1 s.d 8
1. Bab IV,V,VIII dan IX h. 53 s.d 262
2. Bab II hal. 56 s.d 73
2
II
Organisasi Pendidikan
12. Bab VI hal 128 s.d 142
3
III
Pemimpin dan Kepemimpinan Pendidikan
7. Bab I hal. 1 s.d 37
2. Bab V hal. 197 s.d 219
11 Bab 4 143 s.d 189
4
IV
Komunikasi Pendidikan
7.Bab III hal. 60 s.d 63
4.Bab VII hal 138 s.d 152
5
V
Pengambilan Keputusan Pendidikan
6. Bab II 49 s.d 59
6
VI
-             Perkembangan Manajemen Pendidikan di Indonesia :
-             a. Manajemen Berbasis Sekolah
4. Bab II hal. 19 s.d 31
7
VII
-             b. Manajemen Mutu Terpadu (TQM)
1. Bab VIII ha. 268  s.d 315
8
VIII
Cakupan dalam Manajemen Pendidikan :
a. Manajemen Kurikulum
b. Manajemen Murid
3. Bab II, III hal. 32 s.d 84
4. Bab III.3.a hal.40 s.d 42
4. Bab III.3.e hal.45 s.d 47
11. Bab III hal.32 s.d 139
9
IX
c. Manajemen Personil
4. Bab III.3.b hal. 42 s.d 45
11. Bab III hal. 139 s.d 169
10
X
UTS

11
XI
d. Manajemen Sarana Pendidikan
e. Manajemen Keuangan
4. Bab III.3 d,e hal. 47 s/d 49
12
XII
g. Manajemen Layanan khusus
f. Hubungan Sekolah dengan
Masyarakat
4. Bab III.3. f.g. hal. 49 s.d 52
13
XIII
Supervisi Pendidikan
a. Pengertian Supervisi Pendidikan
b. Tujuan dan Fungsi Fungsi Supervisi
Pendidikan
2. Bab IX hal 37 s.d 400
11. Bab 6.3. hal 235 s/d 238
14
XIV
c. Prinsip-Prinsip Supervisi Pendidikan
d. Hubungan Manajemen dengan Supervisi Pendidikan
11. Bab 6.3. hal 236 s/d 238
2. Bab IX.H. hal. 400 s.d 403
15
XV
e. Supervisi Pada Tingkat Sekolah
2. Bab XIV. Hal 454 s.d 470

 








III. Referensi


1  Agus Subardi, Manajemen Pengantar, UPP AMPYYKPN. Yogjakaarta, 2001
2. Asnawir, Manajemen Pendidikan, IAIN IB Press, Padang, 2006
3. Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta,2004
4. E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah,Rosda, Bandung, 2002
5. George R. Terry, Dasar Manajemen (terjemahan), Bumi Aksara, Jakarta, 2000
6. Nanang Fatah, Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah,Pustaka Bani Quraisy, Bandung, 2004
7. Panji Anaroga, Psikologi Kepemimpinan, Rineka Cipta Cet-3,Jakarta, 2003
8. Piet A Sahertian, Dimensi Administrasi Pendidikan, Usaha Nasional,Surabaya,1985
9. Subari, Supervisis Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 1994
10. Sufyarma, Kapita Selekta Manajemen Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2003
11. Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Alfabeta Cet-ketiga, Bandung,2006
12. M. Ngalim Purwanto. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Rosda, Cet-Ketujuh Belas, 2007


















SATUAN ACUAN PELAJARAN (SAP)

Mata Kuliah                      : Manajemen Pendidikan
Komponen                                    : MKDK
Jurusan                              : Tarbiyah
Program Studi                   : PBA
Semester                            : IV
Program                             : S.1
Bobot                                : 2 Sks
Tahun                                : 2009

III.                         Tujuan


Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplimentasikan teori, konsep manajemen dan manajemen Pendidikan dalam aktivitas pendidikan guna mencapai tujuan pendididkan secara efektif dan efesien.

 

IV.                         Silabus


No
Pertemuan

Materi

Sumber
1
I
Konsep Dasas Manajemen dan Manajemen Pendidikan:
a. Pengertian Manajemen
-          b. Pengertian Manajemen
-              Pendidikan
-          c. Latar Belakang diperlukan
-              Manajemen Pendidikan
7.  Bab I, hal. 1 s.d 8
10 Bab IX, hal. 187 s.d 191
2
II
Fungsi-fungsi Manajemen Pendidikan:
a. Perencanaan (Planing)
b. Pengorganisasian (Organisation)
c. Penggerakkan (Actuating)
d. Pengawasan ( Controling)
1. Bab IV,V,VIII dan IX h. 53 s.d 262
2. Bab II hal. 56 s.d 73
5 Bab 1I hal. 9 s.d 17
3
III
e. Pemimpin dan Kepemimpinan
d. Komunikasi Pendidikan
e. Pengambilan Keputusan
7. Bab I hal. 1 s.d 37
2. Bab V hal. 197 s.d 219
4
IV
Pendekatan Dalam Manajemen
1 Bab III hal. 31 s.d 49
10. Bab IX.D hal. 196 s.d 201
5
V
-             Perkembangan Manajemen Pendidikan di Indonesia :
-             a. Manajemen Berbasis Sekolah
4. Bab II hal. 19 s.d 31

VI
-             b. Manajemen Mutu Terpadu (TQM)
1. Bab VIII ha. 268  s.d 315
6
VII
Cakupan dalam Manajemen Pendidikan :
a. Manajemen Kurikulum
b. Manajemen Murid
3. Bab II, III hal. 32 s.d 84
4. Bab III.3.a hal.40 s.d 42
4. Bab III.3.e hal.45 s.d 47
11. Bab III hal.32 s.d 139
7
VIII
c. Manajemen Personil
4. Bab III.3.b hal. 42 s.d 45
11. Bab III hal. 139 s.d 169
8
IX
UTS

8
X
d. Manajemen Sarana Pendidikan
e. Manajemen Keuangan
4. Bab III.3 d,e hal. 47 s/d 49
9
XI
g. Manajemen Layanan khusus
f. Hubungan Sekolah dengan
    Masyarakat
4. Bab III.3. f.g. hal. 49 s.d 52
9
XII
Supervisi Pendidikan
a. Pengertian Supervisi Pendidikan
b. Tujuan dan Fungsi Fungsi Supervisi
     Pendidikan
2. Bab IX hal 37 s.d 400
11. Bab 6.3. hal 235 s/d 238
10
XIII
c. Prinsip-Prinsip Supervisi Pendidikan
d. Hubungan Manajemen dengan
    Supervisi Pendidikan
11. Bab 6.3. hal 236 s/d 238
2. Bab IX.H. hal. 400 s.d 403
11
XIV
e. Supervisi Pada Tingkat Sekolah
2. Bab XIV. Hal 454 s.d 470

 







III. Referensi


1  Agus Subardi, Manajemen Pengantar, UPP AMPYYKPN. Yogjakaarta, 2001
2. Asnawir, Manajemen Pendidikan, IAIN IB Press, Padang, 2006
3. Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta,2004
4. E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah,Rosda, Bandung, 2002
5. George R. Terry, Dasar Manajemen (terjemahan), Bumi Aksara, Jakarta, 2000
6. Nanang Fatah, Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah,Pustaka Bani Quraisy, Bandung, 2004
7. Panji Anaroga, Psikologi Kepemimpinan, Rineka Cipta Cet-3,Jakarta, 2003
8. Piet A Sahertian, Dimensi Administrasi Pendidikan, Usaha Nasional,Surabaya,1985
9. Subari, Supervisis Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 1994
10. Sufyarma, Kapita Selekta Manajemen Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2003
11. Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Alfabeta Cet-ketiga, Bandung,2006



























No
Pertemuan

Materi

Sumber
1
I
Konsep Dasas Manajemen dan Manajemen Pendidikan
a. Pengertian Manajemen
-          b. Pengertian Manajemen
-              Pendidikan
-          c. Latar Belakang diperlukan
-              Manajemen Pendidikan
5. Bab I h..1 s.d 17
2
II
Fungsi-fungsi Manajemen Pendidikan
a. Perencanaan (Planing)
b. Pengorganisasian (Organisation)
c. Penggerakkan (Actuating)
d. Pengawasan ( Controling)

3
III
e. Pemimpin dan Kepemimpinan
d. Komunikasi Pendidikan
e. Pengambilan Keputusan

4
IV
Pendekatan Dalam Manajemen Pendidikan
2. Bab 1I hal. 9 s.d 17
5. Bab IV hal. 53 s.d 262
8. Bab IV.B hal..275 s.d 360
5
I
-             Perkembangan Manajemen Pendidikan di Indonesia :
-             - Manajemen Berbasis Sekolah
-             - Wewenang, Pendelegasian, Pertangung
-                Jawaban, Sentralisasi dan Desentralisasi
-                dalam Manajemen Pendidikan
5. Bab III hal. 31 s.d 49


Manajemen Mutu Terpadu (TQM)
6. Bab VIII hal. 268 s.d 315
6
IV
Cakupan dalam Manajemen Pendidikan :
a. Manajemen Kurikulum
b. Manajemen Murid

3. Bab III.3.a hal.40 s.d 42
3. Bab III.3.e hal.45 s.d 47
8. Bab III hal.32 s.d 139
7
V
c. Manajemen Personil
3. Bab III.3.b hal. 42 s.d 45
8. Bab III hal. 139 s.d 169
8
VI
d. Manajemen Sarana Pendidikan
e. Manajemen Keuangan
3. Bab III.3 d,e hal. 47 s/d 49
9
VII
g. Manajemen Layanan khusus
f. Hubungan Sekolah dengan
    Masyarakat
3. Bab III.3. f.g. hal. 49 s.d 52
10
VIII
Ujian Tengah Semester
9
IX
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
3. Bab 2 hal. 19 s.d 31
7. Bab II hal. 9 s.d 25
10
X
Wewenang, Pendelegasian, Pertangung Jawaban, Sentralisasi dan Desentralisasi dalam Manajemen Pendidikan
6. Bab Vi hal. 227 s.d 245
11
XI
Manajemen Mutu Terpadu (TQM)
6. Bab VIII hal. 268 s.d 315
12
XII
Pemimpin dan Kepemimpinan Pendidikan
9. Bab I hal. 1 s.d 37
13
XIII
Komunikasi Pendidikan
8. Bab IV hal. 370 s/d 376
14
XIV
Pengambilan Keputusan
9. Bab II hal. 49 s/d 55
















SATUAN ACUAN PELAJARAN (SAP)

Mata Kuliah                      : Manajemen Pendidikan
Komponen                                    : MKDK
Jurusan                              : Tarbiyah
Program Studi                   : PBA
Program                             : S.1
Bobot                                : 2 Sks
Tahun                                : 2008
Dosen                                : 1. Drs. Muhammad Fazis, M. Pd.
                                            2. Yasril, S. Ag. M. Pd.
I. Tujuan

Agar mahasiswa memahami konsep-konsep dan teori tentang Manajemen Pendidikan

II. Silabus

No
Pertemuan ke

Materi

Sumber
Ket
1
I
-                 a. Konsep dasar Manajemen
            Pendidikan
-         b. Faktor yang mendasari kegiatan  manusia dalam organisasi
1. (Bab I hal.1 s/d 6 dan 15   s.d 22 )

2
II
Fungsi Manajemen Pendidikan
2. (Bab 1I hal 9 s.d 17

3
III
-             Organisasi Penyelengara Pendidikan
4.

4
IV
Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan :
- Manajemen Kurikulum
- Manajemen Murid

5. (Bab III hal 40 s.d 42)
1. (Bab III hal 74 s. d 84)

5
V
- Manajemen Personil
- Manajemen Tata Laksana  Sekolah
6. (Bab V hal 117 s.d 150)
1. (Bab V hal 104 s.d 114)

6
VI
- Manajemen Sarana Pendidikan
- Manajemen Keuangan
7. (Bab III hal 49 s.d 5)
5. (Bab III hal 47 s.d 49)

7
VII
Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
3. (Bab III hal 115 s.d 115)

8
VIII
a. Kepala Sekolah Sebagai Manajer
b. Guru Sebagai Manajer
1. ( Bab X hal 170 s.d 175)    dan
    (Bab XII hal 182 s.d 190)

11
IX
Mid Semester


9
X
Komunikasi Pendidikan
4  ( Bab 9 hal 207 s.d 216)

10
XI
Pengambilan Keputusan
4. (Bab 10 hal 207 s.d 216)

12
XII
Kepemimpinan Dalam Manajemen
2. (Bab 17 hal 192 s.d 207)

13
XIII
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
5. Bab 2 hal 19 s.d 31)

14
XIV
Manajemen Sumber Daya Manusia
4. ( Bab 6 hal 131 s.d 138)


 












III. Referensi


1.     B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

2.     George R. Terry. 2000. Dasar Manajemen (terjemahan). Bumi Aksara. Jakarta.

3.     Burhanuddin, Yusak. 1998. Administrsi Pendidikan. Pustaka Setia. Bandung.

4.     Suharsimi Arikunto. 1988. Organisasi dan  Administrasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

5.     E. Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Rosda. Bandung.

6.     Made Pidarta.1988. Manajemen Pendidikan Indonesia. Bina Aksara. Jakarta.

7.     Ibrahim Bafadal. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Bumi Aksara. Jakarta.
 (tugas kuliah) from link

























































































Kode                      : TAR-503
Program                 : S. 1
Dosen                    : 1. Drs. Muhammad Fazis
Bobot                    : 2 SKS

  1. Oteng Sutisna, Supervisi dan Administrasi Pendidikan, Jilid 2, Jenmars, Bandung, 1979
  2. Daryanto, Administrasi Pendidikan, Rineka Cipta Solo, 1996